NFT ini sudah dikenal sejak dahulu bahkan sebelum menjadi terkenal seperti sekarang ini. Orang-orang di luar negeri sudah lebih dahulu sadar dan menggunakan NFT ini untuk memanfaatkan dan menjual karya mereka dalam bentuk digital pada platfrom OpenSea.

Awal perkembangan NFT di Indonesia diawali pada tahun 2012, di mana saat itu masyarakat mulai mengenal sistem blockchain. Seiring dengan perkembangan sistem blockchain dan NFT akhirnya pada tahun 2021, NFT menjadi populer di kalangan masyarakat terutama para pegiat kripto.

Salah satu yang menarik dari NFT adalah konsep atau sistem yang diterapkannya. Konsep NFT menerapkan sistem blockchain. Sistem blockchain adalah sistem di mana ada beberapa perangkat yang bisa mengklaim kebenaran dan keabsahan dari suatu karya yang telah diunggah atau dijual.

Setiap karya yang diunggah itu akan terverifikasi kepemilikannya oleh sistem yang bernama blockchain. Sistem tersebut terdiri dari beberapa perangkat yang apabila semua perangkat menyetujui kepemilikan dan keabsahan suatu karya maka karya tersebut merupakan karya original protectandheal-dnu.

Dengan konsep blockchain, tentu NFT memiliki salah satu platform yang saat ini banyak digunakan untuk melakukan transaksi. Platform yang mewadahi NFT adalah OpenSea. Banyak dari orang tidak tahu tentang OpenSea ini, tetapi inilah yang menjadi wadah bagi para seniman dan konten kreator digital untuk mengunggah karya mereka agar menambah nilai jual karya tersebut, (baca : surga tekno)

Kemajuan teknologi tren NFT akan memiliki peluang yang semakin luas di masyarakat. Terlebih lagi saat ini Mark Zuckerberg tengah mengembangkan teknologi lebih jauh lagi ke Metaverse yang nantinya juga akan berkolaborasi dengan NFT. Maka dari itu sudah seharusnya anak muda saat ini peka terhadap kemajuan teknologi dan memanfaatkannya.